Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dengan Variabel Moderasi Jenis Pembayaran Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Authors

  • Muhammad Yusuf Isjati Isjati Politeknik Indonusa Surakarta
  • Sri Wulandari Politeknik Indonusa Surakarta
  • Sinta Novratilova Politeknik Indonusa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.46808/jhimi.v2i3.130

Keywords:

Jenis pembayaran, Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien

Abstract

Kualitas pelayanan adalah suatu derajat kelengkapan pelayanan kesehatan, yang diberikan sesuai dengan standar profesi dan prinsip etika, serta memuaskan pelanggan. Salah satu cara terpenting untuk membedakan layanan kesehatan, termasuk layanan rawat jalan, yaitu dengan memberikan kualitas layanan kesehatan secara konsisten yang lebih baik daripada pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dengan menggunakan variabel moderasi jenis pembayaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat jalan sebanyak 270 pasien yang dipilih secara acak dengan kriteria berobat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian dengan hasil uji moderasi (MRA) menunjukkan bahwa variabel moderasi jenis pembayaran BPJS dan umum sama-sama memiliki signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel jenis pembayaran umum Koefisien determinasi (R2) = 0,690 dan variabel jenis pembayaran BPJS Koefisien determinasi (R2) = 0,553. Artinya pasien dengan jenis pembayran umum mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi daripada pasien BPJS. Untuk lebih meningkatkan mutu di waktu yang akan datang, pihak manajemen rumah sakit harus bisa meningkatkan standar pelayanan ke taraf internasional dan melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi dalam jangka waktu tertentu.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Isjati, M. Y. I., Sri Wulandari, & Sinta Novratilova. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dengan Variabel Moderasi Jenis Pembayaran Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI), 2(3), 6–10. https://doi.org/10.46808/jhimi.v2i3.130

Issue

Section

Articles