Hubungan Aspek Kualitas Pelayananidengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Karanganyar
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat JalanAbstract
Puskesmas dalam memberikan sebuah pelayanan kesehatan harus yang berkualitas atau bermutu,
salah satunya dengan memberikan fasilitas yang lengkap agar meningkatkan kepuasan serta kualitas hidup
pasien atau pengguna pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui hubungan kualitas
pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Karanganyar. Jenis penelitian ini
kuantitatif menggunakan metode analitik observasional. Sampel yang digunakan yaitu 100 pasien rawat jalan.
Intrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik Chi Square dengan p-
value ≤ 0,05. Hasil dari penelitian menunjukkan ada hubungan dimensi kehandalan (p-value=0,003), dimensi
bukti fisik (p-value = 0,004), dimensi jaminan (p-value = 0,004), dimensi empati (p-value = 0,002) dan dimensi
daya tanggap (p-value = 0,002) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Karanganyar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits