ANALISIS PENYEDIAAN DAN PENDISTRIBUSIAN REKAM MEDIS DI POLIKLINIK RSU MULIA HATI WONOGIRI

Authors

  • Gandys Gandys Vasha Pradana Indonesia
  • Sri Wulandari
  • Agustyarum Pradiska Budi

DOI:

https://doi.org/10.46808/jhimi.v2i1.22

Keywords:

Ketidaktepatan, penyediaan, pendistribusian, rekam medis

Abstract

Waktu tunggu pasien merupakan salah satu tolak ukur yang digunakan untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan. Pelayanan akan dilakukan tepat waktu jika rekam medis tiba tepat waktu di poliklinik rawat jalan. Dari penelitian pendahuluan bulan Maret 2022 di RS Mulia Hati Wonogiri, 22 dari 27 rekam medis dikatakan terlambat (81,48 persen) saat diberikan ke poli karena melebihi 10 menit yang ditentukan untuk penyediaan rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penyediaan dan pendistribusian dokumen rekam medis pasien  poli Mata RS Mulia Hati Wonogiri, serta alasan yang mengakibatkan waktu penyediaan dan pendistribusian menjadi tidak tepat waktu. Penelitian ini bersifat deskriptif. Keseluruhan populasi dari penelitian ini adalah jumlah kunjungan pasien poli mata tahun 2021 sebanyak  6022 pasien. teknik pengambilan sampel obyek menggunakan purposive sampling sejumlah  99  rekam medis, sedangkan sampel subyek yaitu 3 pegawai distribusi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa sebanyak 32 rekam medis atau 32,32%  dalam penyediaan dan pendistribusianya sudah sesuai SOP.  Faktor yang menyebabkan keterlambatan distribusi yaitu kurangnya jumlah petugas distribusi, Faktor mesin  yaitu error pada komputer atau printer, Faktor Material yaitu missfile (salah letak), Faktor metode yaitu implementasi SOP yang kurang baik, dan faktor uang yaitu tidak adanya reward bagi pegawai.

Kata kunci – Ketidaktepatan penyediaan pendistribusian rekam medis

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Gandys Vasha Pradana, G., Sri Wulandari, & Agustyarum Pradiska Budi. (2022). ANALISIS PENYEDIAAN DAN PENDISTRIBUSIAN REKAM MEDIS DI POLIKLINIK RSU MULIA HATI WONOGIRI. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI), 1(2), 31–36. https://doi.org/10.46808/jhimi.v2i1.22

Issue

Section

Articles