Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Ditinjau Dari Aspek Mutu Pelayanan Pada Bagian Pendaftaran Di RSU Mulia Hati Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.46808/jhimi.v3i1.48Keywords:
Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Rawat JalanAbstract
Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan kebutuhan dasar yang setiap orang butuhkan, dari berbagai komponen yang saling terkait, saling tergantung, dan saling mempengaruhi satu sama lain.Kepuasan pasien merupakan alat ukur nilai mutu pelayanan kesehatan, karena itu pelayanan kesehatan ditinjau dari pelayanan yang sudah diberikan kepada pasien. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisis kepuasan pasien rawat jalan ditinjau dari aspek mutu pelayanan pada bagian pendaftaran di Rumah Sakit Umum Mulia Hati Wonogiri. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner pasien rawat jalan. Analisis yang digunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Sampel dalam penelitian ini pasien rawat jalan sebanyak 100 orang. Hasil Tingkat kepuasan berdasarkan karakteristik responden di dapatkkan paling tinggi suku jawa 99 orang (99%). Jenis kelamin perempuan sebanyak 73 orang (73%), rata-rata umur responden 26-35 tahun sebanyak 22 orang (22%).Tingkat kepuasan secara umum responden berpendapat puas sebanyak 77 orang (76,5%) dan responden berharap puas sebanyak 100 orang (100%). Dimensi paling tinggi kehandalan sebanyak puas 79 orang (79%). Dimensi paling rendah atribut 2 bukti fisik sebanyak 63 orang (63%). Responden menyatakan ruang tunggu dan kamar mandi rawat jalan masih kurang bersih. Dari 5 dimensi mutu dengan uji bivariat didapatkan p value 0,03 yang berarti berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan dibagian pendaftaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits