Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Klinik Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Klinik Pratama PMI Surakarta

Authors

  • Zahra Anggra Aztiza Politeknik Indonusa Surakarta
  • Sri Wulandari
  • Ahmad Sunandar

DOI:

https://doi.org/10.46808/jhimi.v3i2.170

Keywords:

Information system, Clinic, EUCS, Information system Clinic

Abstract

Salah satu klinik di Kota Surakarta adalah Klinik Pratama PMI Surakarta yang telah menerapkan sistem informasi berbasis berbasis website yang sudah beroperasi dari tahun 2022, tetapi terdapat permasalahan saat menerapkannya pada menu rekam medis yaitu belum terintegrasi dibagian apotek, serta pada sistem belum terhubung pada P-Care  dan aplikasi satu sehat, dan masih terkendala pada  jaringan yang tidak stabil sehingga berdampak pada pelayanan yang menumpuk. Kunci utama dalam keberhasilan penerapan sistem informasi adalah kepuasan pengguna salah satunya dengan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Cara mengumpulan data melalui tanya jawab petugas dan melihat secara langsung kondisi. Dimensi isi (content) dan waktu (timeliness) yang sering dikeluhkan oleh petugas terkait kepuasan pengguna dalam penerapan sistem. Hal ini dikarenakan dimensi isi (content) diketahui petugas kurang puas karena belum sesuai dengan kebutuhan dalam menyediakan informasi seperti golongan darah, agama, pekerjaan, nama obat, status,belum terintegrasi pada bagian  apotek, belum terhubung pada aplikasi satu sehat dan P-Care. Sedangkan pada dimensi waktu (timeliness) petugas kurang puas dikarenakan pada sistem sejauh ini tidak mengalami error dan sistem cepat dalam menampilkan data yang dibutuhkan, namun kendala pada jaringan maupun sinyal yang kurang stabil sehingga berdampak pada pelayanan yang dapat menumpuk.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Aztiza, Z. A., Sri Wulandari, & Ahmad Sunandar. (2024). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Klinik Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Klinik Pratama PMI Surakarta. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI), 3(2), 77–86. https://doi.org/10.46808/jhimi.v3i2.170