Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Asy Syifa Sambi

Authors

  • Andina Politeknik Indonusa Surakarta
  • Agustyarum Pradiska Budi Politeknik Indonusa Surakarta
  • Resia Perwirani Politeknik Indonusa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.46808/jhimi.v3i1.59

Keywords:

Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pasien , Loyalitas Pasien

Abstract

Abstrak Banyaknya pemain baru dan ketatnya persaingan rumah sakit, maka setiap rumah sakit akan melakukan pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan sebaik mungkin dan berusaha agar loyalitas kepada pasien.  Apabila petugas  loyal kepada pasien maka  salah satu wujud usaha agar  pelayanan pendaftaran rawat jalan fokus kepada konsumen dengan terus berusaha untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Tujuan : Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien. Metode : Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat jalan . Sampel penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan uji linear berganda. Hasil : Variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan untuk uji t 0,000 < 0,05. Selanjutnya untuk kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien tidak ada pengaruh antara variabel kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien dengan nilai signifikan uji t sebesar 0,429 > 0,05. Pengujian secara simultan ada pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien dengan tingkat signifikansi 0,000 dengan nilai R square  sebesar 0,383 atau 38,3% yang artinya ada pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien sebesar 38,3% sedangkan sisanya 61,7% variabel – variabel lain yang tidak diteliti.

 

Downloads

Published

2024-04-16

How to Cite

Andina, Agustyarum Pradiska Budi, & Resia Perwirani. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Asy Syifa Sambi. Journal Health Information Management Indonesian (JHIMI), 3(1), 21–26. https://doi.org/10.46808/jhimi.v3i1.59

Issue

Section

Articles